Jumat, 28 Juni 2013

Rahasia SMPS saat stand-by tegangan rendah

Rahasia SMPS saat stand-by tegangan rendah

Rahasia SMPS dengan tegangan keluaran yang dapat berubah dari rendah ke tinggi



Ada beberapa model pesawat dimana pada saat stand-by tegangan keluaran B+ masih rendah, dan akan berubah menjadi tinggi (normal) jika power-on.
Untuk membuat tegangan keluaran masih rendah rahasianya terletak pada photocoupler yang dihubungkan lansung ke ground lewat diode dan transistor (lihat gambar.1) atau lewat transistor saja tanpa diode (lihat gambar.2)


===============================================================
Prinsip dasar bagaimana photocoupler dapat mengendalikan teganagan keluaran.
  • Jika arus yang melalui diode photocoupler makin besar, maka tegangan keluaran B+ akan makin rendah.
  • Jika arus yang melalui diode photocoupler makin kecil, maka tegangan keluaran B+ akan makin tinggi
=================================================================================


                            
                              gambar.1                                                                                                                             gambar.2




Keterangan gambar.1
  • Pada saat stand-by basis transistor mendapat tegangan bias sekitar 0.5v dari mikrokontrol sehingga transistor “on” (kolektor-emitor terhubung). Maka arus  dari “a” akan melalui diode photocoupler >> diode D808 >> langsung ke ground lewat transistor. Karena dihubungkan langsung ke ground maka arus yang melalui photocoupler akan relatip lebih besar sehingga tegangan keluaran akan drops.
  • Pada saat power-on maka basis transistor akan berubah menjadi 0v sehingga transistor “off” (kolektor-emitor tidak terhubung). Maka arus dari “a” akan melalui photocoupler >> melewati SE110 >> ke ground. Arus yang melalui diode photocoupler akan turun kembali normal dan tegangan keluaran akan normal.


Catatan :
Jika meragukan apakah SMPS sudah dapat bekerja normal atau belum, maka coba lepas sementara transistor kontrol on-off. Kalau SMPS sudah normal maka tegangan keluaran akan langsung tinggi (normal)

1 komentar: